Petani Keren

SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT ---SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT --SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN-

13 Juli 2015

Cara Meningkatkan Hasil Kopi Melalui Pemangkasan

Gambar 1; Kopi siap panen
Produksi tanaman kopi dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pemangkasan. Pemangkasan kopi bertujuan untuk mengarahkan pertumbuhan tanaman kopi agar menjadi sehat, kuat dan mempunyai keseimbangan antara pertumbuhan vegetatif dan generatif, sehingga tanaman lebih produktif.   Didalam budidaya kopi pemangkasan merupakan tindakan yang tidak boleh diabaikan dan tidak semudah seperti yang diperkirakan, sebab kesalahan dalam pemangkasan dapat menyebabkan penurunan produksi. (Sidarta Hartobudoyo, 1975)

Gambar 2; Pohon kopi
Tahap-tahap dalam pemangkasan kopi·        
  1. Pemangkasan pembentukan tajuk· 
  2. Pemangkasan pemeliharaan/pemangkasan produksi
  3. Pemangkasan cabang primer·
  4. Pemangkasan peremajaan. Pemangkasan pembentukan tajuk
  5. Pemangkasan pembentukan tajuk dapat dibedakan menjadi dua yaitu, pemangkasan untuk membentuk tajuk berbatang tunggal dan tajuk berbatang ganda.
  6. Pemangkasan pembentukan tajuk dapat dibedakan menjadi dua yaitu, pemangkasan untuk membentuk tajuk berbatang tunggal dan tajuk berbatang ganda
  7.  Pemangkasan pembentukan tajuk dapat dibedakan menjadi dua yaitu, pemangkasan untuk membentuk tajuk berbatang tunggal dan tajuk berbatang ganda
  8. Pemangkasan pembentukan tajuk dapat dibedakan menjadi dua yaitu, pemangkasan untuk membentuk tajuk berbatang tunggal dan tajuk berbatang ganda
  9. Pemangkasan pembentukan tajuk dapat dibedakan menjadi dua yaitu, pemangkasan untuk membentuk tajuk berbatang tunggal dan tajuk berbatang ganda.  
Gambar 3; Pemangkasan cabang pohon kopi
Pemangkasan tajuk berbatang tunggal, yaitu  tanaman hanya satu batang saja yang dibiarkan tumbuh dan membentuk cabang primer. Pemangkasan ini biasa dilakukan pada perusahaan besar.  Sedangkan pemangkasan tajuk berbatang ganda banyak dilakukan pada perkebunan rakyat, pemangkasan ini akan terbentuk satu batang utama yang menyangga beberapa cabang reproduksi lainnya. Pemangkasan pemeliharaan (pemangkasan produksi)Pemangkasan produksi bertujuan untuk membuang cabang yang terserang penyakit, dan cabang yang tidak produktif.  
Pemangkasan pemeliharaan ini dibedakan menjadi pemangkasan berat dan pemangkasan ringan (wiwilan). Pemangkasan berat dilakukan pada cabang primer yang sudah tidak produktif  dan bagian lain yang yang terserang hama penyakit, serta daun-daun dan cabang yang mengering, pemangkasan ini dilakukan setelah pemanenan selesai.  Pemangkasan ringan (wiwilan) dilakukan untuk membuang cabang yang tidak dikehendaki menggunakan tangan maupun alat pemotong lainnya, pemangkasan ini dilakukan pada musim kemarau. Pemangkasan cabang primer
Pemangkasan ini bertujuan untuk merangsang terbentuknya cabang sekunder, serta mencegah pertumbuhan cabang primer yang terlalu panjang, sehingga dapat menghasilkan buah yang banyak dan kontinyu.  Cara pemangkasan cabang primer ini dilakukan dengan sistem kapstok dan sistem seleksi.  Sistem kapstok umumnya hanya dilakukan untuk tanaman berbatang tunggal, sedangkan sistem seleksi dapat untuk tanaman berbatang ganda.Pemangkasan peremajaanPemangkasan peremajaan dilakukan pada tanaman yang sudah tua dan tidak produktif (produk kurang dari 400 kg/ha/tahun dan bentuk tajuk sudah tidak menentu.  Pemangkasan ini bertujuan untuk mengganti tajuk tanaman lama dengan tajuk baru yang masih muda dan produktif.  Peremajaan dilakukan setelah panen raya atau pada akhir musim kemarau. Sekitar dua minggu sebelum pemangkasan harus diberi pupuk agar batang baru tumbuh sempurna.  Peremajaan menyeluruh dilakukan apa-bila minimum 50% tanaman di kebun sudah tua dan tidak produktif.  Peremajaan menyeluruh dapat dilakukan secara serentak maupun secara bertahap.  Apabila dilakukan secara bertahap, maka peremajaan tahap pertama dilakukan terhadap 50% tanaman yang tua dan tahap kedua  dilakukan pada tahun berikutnya.Metode pemangkasan peremajaan: Dalam pemangkasan peremajaan terdapat dua cara yaitu pemangkasan batang dan pemangkasan cabang.  
Adapun tahapan dalam pemangkasan peremajaan pada batang adalah sebagai berikut :

  1. Membumbun tanaman setinggi 30-40  cm sebelum dipangkas agar bagian bawah tidak tumbuh wiwilan, memangkas batang  5 cm di atas bumbunan. Namun bila peremajaan hanya selektif, maka pemangkasan dilakukan pada ketinggian sekitar 100 cm, hal tersebut supaya tinggi tanaman dapat seragam. 
  2. Untuk membentuk tanaman berbatang tunggal, pangkas semua batang dan dipelihara satu batang saja, sedangkan untuk membentuk tanaman berbatang ganda, pelihara 2 batang.
  3. Tahap selanjutnya sambungkan batang yang dipelihara dengan klon kopi lain yang berasal dari indukan yang lebih unggul.Pemangkasan peremajaan pada cabang. Memangkas seluruh cabang primer pada satu sisi hingga ke pangkal, dan cabang yang tersisa maka dipelihara hingga menghasilkan buah. Pada sisi tanaman yang dipangkas akan tumbuh wiwilan baru, pilihlah 1-2 wiwilan yang terbaik yang terletak pada ketinggian 30-40 cm. Setelah buah pada cabang primer dipanen, pangkas batang primer tersebut 5 cm di atas batang/wiwilan yang dipelihara.
  4. Batang yang dipelihara dapat disambung dengan klon kopi lain yang lebih unggul atau dibiarkan tumbuh menjadi batang baru yang lebih muda. 
Anda ingin mendapatkan hasil panen kopi yang lebih maksimal,, cara ini patut anda coba... Silahkan....