Petani Keren

SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT ---SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT --SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN-

24 Juni 2016

Cara Mengukur pH Tanah Dengan Menggunakan Soil Tester

Salam Luarbiasa Untuk Kita Semua,

Masih bersama Blog Petani Keren, Kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi dan ilmu tentang cara mengukur pH tanah dengan menggunakan Soil Tester.

Pengukuran pH Tanah
Di dunia pertanian, pertembuhan tanaman tidak serta merta dipengaruhi oleh pupuk maupun cara budidayanya saja. Namun banyak hal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan maupun hasil panen dari suatu pruduk pertanian, salah satunya yaitu pH tanah. pH tanah merupakan keadaan suatu keasaman tanah yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman.
Pada umumya tanaman akan tumbuh baik dan dapat menyerap nutrisi (termasuk pupuk) pada pH tanah netral, yaitu pada pH 6-7 (tergantung jenis tanaman).

Petani profesional seringkali meneliti keadaan tanah mereka sebelum melakukan penanaman, hal tersebut didasarkan ilmu pertanian yang benar sehingga hasil panen/produksi mereka seringkali lebih baik dibandingan dengan petani konvensional. Keadaan pH tanah merupakan faktor yang sangat penting untuk diketahui karena hal tersebut akan mempengaruhi nutrisi, pupuk atau bahan apa yang akan ditambahkan pada suatu lahan untuk memperoleh hasil tanaman.

Pengukuran pH tanah dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan Soil Tester :
Soil Tester/Alat Pengukur pH Tanah

Berikut Ini Adalah Tutorial Dalam Penggunaan Soil Tester Untuk Mengetahui pH Tanah 

.
 
Langkah 1.

 1. Tancapkan Soil Tester pada tanah yang akan diuji pH nya.

Pada bagian bawah alat ini terdapat lapisan besi yang berwarna kuning kecoklatan, lapisan tersebut berbentuk lancip dan memiliki permukaan yang keras. Pada saat pengujian tekan Alat soil tester sehingga lapisan tersebut masuk kedalam tanah (seperti terlihat pada gambar disamping). 
Langkah 2.
2. Langkah selanjutnya yaitu, tekan lama tombol berwarna putih pada bagian samping Soil Tester

Tombol tersebut berfungsi untuk menghidupkan alat sekaligus langsung mengukur berapa pH yang terkandung di dalam tanah/suatu lahan.








Langkah 3.
3. Selanjutnya, dengan tetap menekan tombol putih (pada langkah 2) lihatlah jarum yang terdapat pada bagian atas alat tersebut.

Pada bagian tersebut terdapat beberapa angka yang menunjukkan pH tersebut, biasanya angka tersebut berkisar antara 3.5 sampai 8. Angka tersebut menunjukkan besaran pH tanah yang sedang diuji. pH tanah tersebut akan ditunjukkan oleh jarum yang terdapat pada alat tersebut.







Demikian cara pengujian pH tanah dengan menggunakan Soil Tester. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terimakasih.. Salam Petani Keren.