Petani Keren

SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT ---SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT --SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN-

22 Juli 2015

Sistem Bercocok Tanam Padi dengan Jajar Legowo



gb. sistem tanam jajar legowo 4:1 (gb diambil di gogle)

Salam luar biasa, bagaimana libur lebaran anda. Oke masih dalam suasana lebaran, kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana teknik bertanam padi dengan sistem jajar legowo. Mungkin bagi masyarakat yang berkecimpung di dunia pertanian sudah tidak asing lagi dengan istilah jajar legowo. Tapi mungkin bagi sebagian masyarakat istilah ini masih terasa asing. Untuk itu dalam artikel kali ini saya akan sedikit mengulas bagaimana cara menanam padi dengan cara jajar legowo. Beberapa pendapat manyatakan bahwa istilah Legowo berasal dari bahasa Jawa, yaitu “Lego” berarti luas/longgar dan “Dowo” berarti panjang.
Prinsip yang digunakan dalam sistem tanam ini adalah meningkatkan populasi tanaman dengan mengatur jarak tanam, dimana jarak tanam pada barisan pinggir setengah kali jarak tanam antar barisan.
Jajar legowo merupakan upaya manipulasi lingkungan  sehingga  tanaman padi akan kelihatan dipinggir, hal tersebut akan berdampak pada penerimaan cahaya matahari yang lebih banyak sehingga fotosistesis akan lebih lancar. Cahaya matahari yang lebih banyak akan berpengaruh terhadap pembentukan buah yang lebih optimal. Selain itu dengan jajar legowo tanaman padi seolah olah akan berada di pinggir sehingga dapat meminimalkan serangan hama tikus, karena hama tikus biasanya menyerang tanaman yang berada di tengah. Keunggulan lain dari sistem tanam jajar legowo adalah pemupukan dan penyiangan akan lebih mudah karena terdapat celah atau baris kosong sehingga dapat digunakan sebagai jalan saat penyiangan maupun pemupukan.

Ada beberapa tipe sistem tanam jajar legowo:
  1. Jajar legowo 2:1. Yaitu setiap dua baris diselingi satu barisan kosong dengan lebar dua kali jarak dalam barisan.
  2. Jajar legowo 3:1. Setiap tiga baris tanaman padi diselingi satu barisan kosong dengan lebar dua kali jarak dalam barisan.
  3.  Jajar legowo 4:1. Setiap empat baris tanaman padi diselingi satu barisan kosong dengan lebar dua kali jarak dalam barisan. Demikian seterusnya.
Jarak tanam yang dipinggir dibuat setengah dari jarak tanam yang ditengah sehingga tanaman pinggir akan lebih banyak dan jarak tanam tanaman pinggir lebih rapat.

Sistem tanam jajar legowo dapat menghemat pupuk karena pemupukan dapat dilakukan disela-sela tanaman dan sela yang kosong tidak perlu dipupuk. Cara tanam ini juga dapat meningkatkan produksi padi karena selain intensitas cahaya yang diterima lebih banyak, dengan sistem ini populasi tanaman padi akan lebih banyak dengan pemanfaatan setengah jarak tanam pada kedua baris dipinggir. Silahkan boleh dicoba untuk dapat membuktikannya sendiri. Selamat mencoba, semoga berhasil.....