Petani Keren

SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT ---SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT --SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN-

3 Agustus 2016

Cara Meningkatkan Hasil Panen Tanaman Mentimun

Salam Petani Keren...

Budidaya Mentimun
 Pada artikel kali ini penulis akan sedikit berbagi bagaimana caranya untuk meningkatkan hasil tanaman mentimun varietas Oris. Mentimun (Cucumis sativus, L.) merupakan salah satu jenis sayuran dari keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae), tanaman ini berasal dari Asia hingga Mediterania. Di Indonesia mentimun dapat tumbuh dan diusahakan mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi, namun produksinya masih rendah. Berdasarkan data Direktorat Jendral Hortikultura tahun 2012,  Produksi mentimun di Indonesia mengalami fluktuasi pada tahun 2007 sampai 2011 yaitu berturut-turut 581.2015, 540.122, 583.139, 547.141 dan 527.184 ton/tahun. Hal ini disebabkan masih kurangnya pengetahuan petani terhadap cara budidaya mentimun yang tepat (Anonim, 2012).
Penggunaan Lanjaran Pada Budidaya Mentimun
Tanaman mentimun  mempunyai alat pemanjat berupa sulur oleh karena itu peningkatan produksi dapat dilakukan antara lain dengan menggunakan lanjaran. Selain menggunakan lanjaran, produksi mentimun dapat ditingkatkan dengan penggunaan mulsa. Penggunaan mulsa dalam budidaya mentimun bertujuan sebagai penutup tanah, mengurangi penguapan, menjaga kelembaban tanah dan menekan pertumbuhan gulma sehingga penyerapan unsur hara akan lebih efektif.
Hasil Panen Mencapai 0.9 kg
Pada penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan dua jenis lanjaran, yaitu lanjaran bambu dan lanjaran jaring. Penggunaan lanjaran pada budidaya mentimun sangat dianjurkan karena dapat mencegah daun maupun buah terserah jamur, selain itu penggunaan lanjaran juga dapat meningkatkan penerimaan intensitas cahaya matahari pada daun sehingga fotosintat hasil fotosintesis dapat digunakan untuk pembentukan dan pembesaran buah.

Penggunaan Mulsa Pada Budidaya Mentimun
Sementara itu penggunaan mulsa juga dapat meningkatkan hasil panen tanaman mentimun, hal tersebut karena dengan penggunaan mulsa, baik mulsa organik maupun an-organik dapat menstabilkan suhu tanah, dapat mencegah perrtumbuhan gulma dll. Semakin sedikit gulma yang tumbuh disekitar tanaman berarti unsur hara yang diserap oleh tanaman induk akan lebih banyak. Dengan penggunaan mulsa dan lanjaran sudah dapat dipastikan dapat meningkatkan hasil panen tanaman mentimun, hal ini juga telah dibuktikan dengan berbagai penelitian secara ilmiah baik dengan mengunakan mulsa maupun dengan lanjaran.

Demikian semoga artikel ini dapat bermanfaat.