Petani Keren

SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT ---SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT --SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN-

22 Juni 2016

Cara Mempercepat Penggunaan Pupuk Kandang

Salam Petani Keren,

Pupuk Kandang Jadi (foto oleh gogle)
Pupuk kandang merupakan pupuk yang dihasilkan dari kotoran hewan, baik sapi, ayam, kambing, kerbau, maupun hewan peliharaan lainnya. Pada umumnya pupuk kandang atau kotoran ternak tidak dapat langsung digunakan untuk memupuk tanaman secara langsung. Hal tersebut dikarenakan pupuk kandang mengandung C/N rasio yang tinggi, sehingga pupuk kandang tersebut mempunyai suhu yang panas. Pupuk kandang yang baru atau masih panas apabila diaplikasikan ke tanaman dapat menyebabkan kelayuan maupun kematian pada tanaman tersebut. 
Pada umumnya secara alami pupuk kandang akan terdekomposisi dalam waktu yang cukup lama. Lama dekomposisi tergantung pada banyak hal, salah satunya kandungan air dan mikroorganisme pengurai didalam pupuk kandang. Umumnya proses dekomposisi secara alami memerlukan waktu lebih dari 6 bulan, sehingga petani seringkali enggan menggunakan pupuk tersebut karena prosesnya terlalu lama.

Namun dengan adanya perkembangan di dunia pertanian, saat ini proses dekomposisi dapat dipercepat, sehingga pupuk kadang dapat segera di aplikasikan kepada tanaman. 

Berikut Bahan dan alat yang digunakan untuk Mempercepat Penggunaan Pupuk Kandang Dengan Menggunakan Dekomposer :
1. Pupuk kandang baru
2. EM4
3. Molase/tetes tebu
4. Ember
5. Cangkul
6. Penutup/terpal
7. Gembor (bila ada)
8. Bekatul

Cara Dekomposisi Menggunakan EM4
1. Pupuk kandang yang telah disiapkan di tumpuk setinggi 30 cm (seperti pembuatan bedengan)
2. Campurkan EM4, Molase dan air dengan perbandinga 1:1:5
3. Aduk campuran EM4 tersebut hingga tercampur merata ( lebih baik Diamkan semalam)
4. Tamburkan bekatul di atas tumpukkan kotoran ternak/pupuk kandang
5. Setelah semalam kemudian campuran EM4 tersebut dimasukkan ke dalam gembor 
6. Siramkan secara merata campuran tersebut pada tumpukan kotoran ternak/pupuk kandang yang telah disiapkan.
7. Tutup pupuk dengan menggunakan terpal atau yang telah disiapkan.
8. Tunggu Selama kurang lebih 7-14 hari
9. Amati struktur Pupuk kandang, apabila suhu nya rendah dan strukturnya remah berarti proses dekomposisi anda Berhasil, dan pupuk kandang siap untuk digunakan.

nb : Proses dikomposisi akan menghasilkan suhu yang tinggi yaitu lebih dari 60 derajat C, hal tersebut normal dalam Proses tersebut.

Bagaimana apakah anda tertarik,, Silahkan mencoba. semoga Berhasil.