Petani Keren

SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT ---SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT --SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT DATANG DI BLOG PETANI KEREN-SEMOGA ARTIKEL2 INI BERMANFAAT -- SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN-

26 Juni 2016

Alat dan Bahan Dalam Pembuatan Mikro Organisme Lokal (MOL)

SALAM PETANI KEREN

Contoh MOL dari Buah Pepaya, Mujo, Tomat dll.
Petani keren, Taukah anda tentang Mikro Organisme Lokal atau yang sering disebut MOL. MOL merupakan Mikroorganisme yang dapat dibuat sendiri oleh petani dengan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari sayur, buah maupun limbah organik lainnya.
MOL berfungsi sebagai Bahan/dekomposer yang digunakan untuk mendekomposisi atau membuat Pupuk Kandang, Pupuk Organik Cair maupun kompos. Fungsi MOL tersebut sama dengan Efektif Mikroorganisme atau yang sering kita kenal dengan EM4.

Cara kerja dari Pembuatan MOL adalah dengan mengembangbiakkan bakteri baik/mikroorganisme yang berada didalam buah maupun sayuran lainnya. Bakteri tersebut nantinya yang akan digunakan dalam mempercepat proses dekomposisi pada pupuk kandang maupun bahan lainnya.
Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang cara mempercepat penggunaan pupuk kandang.

Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan bahan dan alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Mikroorganisme/MOL. Sedangkan Untuk cara membuatnya akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

Bahan dan alatnya adalah sebagai berikut :
1. Buah masak
(bahan-bahan alternatif lainnya buah mojo, kubis, tomat, kacang panjang, sayuran, jambu dll)
2. Gula jawa/Molase(tetes tebu)
3. Air Cucian beras
4. Penumbu (boleh juga menggunakan blender)
5. Kain saring/saringan
6.Galon/ember/tempat jus dll yang biso ditutup rapat.
7. Selang kecil
8. Botol air mineral bekas
9. Air
10. Kertas pH
Bisa juga ditambahkan Rebung/bambu muda dan juga bonggol pisang.

Oke demikian alat dan bahan yang dapat digunakan dalam pembuatan bakteri pemercepat fermentasi atau dekomposer. 
Dan untuk cara pembuatannya insya allah akan saya sheringkan pada artikel selanjutnya. 

Semoga artikel ini dapat berguna untuk anda. 
Terima kasih.